Sambutan Ka UPPM

Tugas pokok setiap perguruan tinggi di Indonesia dikenal dengan nama Tridharma Pendidikan Tinggi yang terdiri dari tiga dharma yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Tridharma ini juga menjadi tugas utama bagi setiap civitas akademik (dosen dan mahasiswa) yang harus dijalankan secara berbarengan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi, sehingga dapat menghasilkan alumni yang unggul pada berbagai bidang ilmu dan karya-karya ilmiah yang bermanfaat untuk kesejahteraan kehidupan manusia tanpa merusak kelestarian lingkungan.

Pada umumnya setiap civitas akademik sudah menjalankan tugasnya pada dharma Pendidikan, yang diimplemnetasikan dalam bentuk proses belajar mengajar, hal itu karena kegiatannya lebih terstruktur, terprogram dan terkontrol. Namun belum semua civitas akademik dapat menjalankan dharma Penelitian dan Pengabdian secara rutin dan serius. Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya seperti faktor kesadaran, dana, fasilitas dan sebagainya. Apapun alasannya tidak bijak untuk mencari biangkerok untuk tidak melaksanakan dharma Penelitian dan Pengabdian, karena dua dharma ini tidak harus dalam skala yang besar dan monumental, namun dapat dimulai dari skala kecil terutama jika faktor dana atau fasilitas pendukung yang menjadi kendala.  

Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat tugas untuk menfasilitasi, menstimulasi dan membantu para dosen yang ada di lingkungan PNUP untuk melakukan secara rutin dan serius tugas dharma Penelitian dan Pengabdian dengan tujuan menkoordinasikan dan mensinergikan segala sumber daya yang ada dan mendorong penelitian dan pengabdian berlangsung secara baik, merata dan berkelanjutan dalam pengembangan IPTEKS.

Selain menghasilkan alumni yang mumpuni dan unggul, maka kinerja perguruan tinggi seperti halnya PNUP juga diukur dari hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat civitas akademik yang ada di dalam institusi. “Buah” dharma Penelitian dan Pengabdian manifestasinya dalam bentuk karya ilmiah yang terpublikasi pada jurnal, seminar/prosiding, dan media lainnya demikian juga buku dan hak intelektual (patent & hak cipta). Menjadi tantangan bagi UPPM PNUP untuk mensinergikan sumber daya internal secara optimum dan sumber daya dari luar institusi untuk menghasilkan “buah” penelitian dan pengabdian yang jumlahnya  meningkat dan berkualitas.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT senantiasa menolong dan meridhoi usaha langkah maju kita, amin.     

Wassalam,

Suryanto